Sabtu, 31 Desember 2011

Operasi Dasar Komputer

Makalah

Disusun guna memenuhi tugas akhir semester

Mata kuliah : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Dosen Pengampu: Bpk. Nur Cahyo



Disusun Oleh :

MILA JAYANTRI 101211068

FAKULTAS DAKWAH

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI WALISONGO

SEMARANG

2011

I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Komputer merupakan peralatan elektronik yang mampu menerima input berupa data dan mengolah data tersebut sehingga menghasilkan output yanhg berupa informasi. Dalam melakukan pengolahan data tersebut maka computer memiliki beberapa komponen yang mempunyai tugasnya sendiri-sendiri. Komponen tersebut yaitu komponen input, output, pemroses dan penyimpan.

Untuk memasukkan data ke dalam computer digunakan input device (alat masukan) diantaranya yaitu keyboard, mouse, scanner, microphone, dll.sedangkan yang menghasilkan informasi dibutuhkan alat keluaran (output device) diantaranya monitor, printer dan speaker.Alat input output tersebut berhubungan dengan komponen yang lain melalui Port I/O yang terdapat pada bagian belakang kasing.

B. Rumusan Masalah

1. Definisi Komputer

2. Fungsi dan jenis-jenis port yang terdapat pada System unit

3. Prosedur Menghidupkan dan mematikan computer

4. Macam-macam perangkat Lunak Aplikasi pada sistem Operasi

II. PEMBAHASAN

1. Definisi Komputer

Komputer adalah yang memproses informasi" atau "sistem pengolah informasi." Komputer juga alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).

2. Fungsi dan Jenis-jenis Port yang terdapat pada System Unit

Port merupakan interface yang memungkinkan sebuah PC dapat mengirimkan data dari input device atau menerima informasi ke output device. Data yang dikirimkan dari input device dapat berupa karakter dari keyboard, gerakan dari mouse, suara dari microphone, atau objek gambar dari peralatan scanner. Sedangkan informasi yang diberikan output device dapat berupa informasi grafis yang ditampilkan ke layar monitor, informasi hasil kerja yang dicetak ke printer atau informasi suara yang berada pada speaker.

Sebuah PC umumnya terdiri dari port PS 2, port USB, port serial, port LAN, port graphics, port speaker dan port microphone Port-port tersebut menyatu dengan motherboard dan terdapat pada bagian belakang unit kasing.

Fungsi dari jenis-jenis port tersebut yaitu sebagai berikut :

a. Port PS 2 yang digunakan untuk memasukkan data yang berasal dari keyboard atau mouse PS 2.

b. Port USB ( Unit Serial Bus) dipergunakan untuk hubungan perangkat keras seperti printer yang menggunakan komunikasi port USB, Flashdisk, dll.

c. Port LAN dipergunakan untuk menghubungkan dengan computer lain sehingga beberapa computer dapat saling komunikasi dan berbagi pakai perangkat keras, data, dan perangkat lunak.

d. Port Serial digunakan untuk hubungan dengan perangkat keras yang menggunakan komunikasi serial seperti mouse serial dan modem eksternal.

e. Port paralel diguanakan untuk hubungan dengan perangkat keras yang menggunakan komunikasi paralel, seperti printer lama yang masih menggunakan port paralel.

f. Port Graphics digunakan untuk mengahasilkan gambar yang ditampilkan pada layar monitor sehingga port ini dihubungkan dengan kabel data pada monitor.

g. Port microphone dan Speaker dihubungkan dengan perangkat keras yang berhubungan dengan suara ke dalam computer yang menghasilkan suara yang berada pada speaker.

3. Prosedur Menghidupkan dan Mematikan Komputer

Komputer akan terjadi kerusakan apabila tidak mengikuti prosedur menghidupkan dan mematikan computer dengan benar.Kerusakan tersebut dapat terjadi pada perangkat keras maupun perangkat lunak.Kerusakan pada perangkat keras dapat terjadi pada motherboard, power supplay, memory, hardisk, atau yang lain. Kerusakan yang sering terjadi yaitu pada penyimpan eksternal hardisk. Hal ini terjadi disebabkan karena tidak mengikuti pengoperasian prosedur yang benar atau mungkin terjadi lampu padam secara tiba-tiba. Karena semua data dan perangkat lunak tersimpan dalam penyimpan ini maka sering sekali softwarenya pun mengalami kerusakan. Untuk z kerusakan tersebut maka cara yang dilakukan yaitu menghidupkan dan mematikan dengan prosedur yang benar.

a. Prosedur menghidupkan komputer yang benar

· Pastikan kabel pada power supply sudah terhubung dengan sumber listrik

· Tekan tombol power pada computer untuk memulai menghidupkan computer

· Tekan tombol power pada monitor untuk menghidupkan monitor (booting) sehingga pada layar monitor akan menampilkan hasil computer yang sedang mendeteksi perangkat keras seperti RAM, hardisk, CD-room, dan Disk Drive

· Tunggu beberapa saat hingga computer melanjutkan booting.

· Setelah selesai proses booting munculah desktop pada windows.setelah selesai tahap ini maka computer siap digunakan.

b. Prosedur mematikan komputer yang benar

Ø Tutup semua program aplikasi yang telah digunakan

Ø Klik tombol Start pada taskbar

Ø Kemudian pilh Shut Down, kemudian klik tombol OK

Ø Tunggu beberapa saat hingga Komputer mati sendiri

Ø Tekan tombol power pada monitor untuk mematikan monitor

Ø Lepaskan kabel power supply computer pada sumber listrik.

4. Macam-macam Perangkat Lunak Aplikasi pada Sistem Operasi

a. Pengertian Perangkat Lunak Aplikasi

Program aplikasi adalah software yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tertentu.

b. Macam-macam Perangkat Lunak Aplikasi

1) Sistem Operasi

Program awal yang mengendalikan sistem kerja komputer yang mendasar yaitu mengatur kerja Input, proses, dan output termasuk mengatur memory dan jadwal kerja processor. Contoh Sistem Operasi

* PC DOS ( Personal computer disk operating system)

* MS DOS ( Microsft Disk operating system)

* Microsft Windows

* Linux

* Unix

* Macintosh

2) Program Aplikasi

ü Word Processing digunakan untuk membuat dokumen, Misalnya membuat surat, makalah, undangan,dll. Contoh softwarenya : Microsoft word, Word star, Chi writer, Word perfect,dll.

ü Spreedsheet digunakan untuk pengolahan angka. Softwarenya: Microsoft excel, Lotus, Quatro, Symphony,dll.

ü Database digunakan untuk mencatat, memanipulasi, dan mengambil data sehingga data menjadi informasi yang berguna (manajeman data). Softwarenya : Microsoft Acess, Fox base, Fox Pro, dll.

ü Desktop Publishing digunakan untuk menangani pembuatan sampul buku,surat kabar, dan iklan. Softwarenya : CorelDraw, Photoshop,paint,dll.

ü Presentasi Grafik digunakan untuk membuat bahan-bahan presentasi dalam bentuk transparan atau membuat diktat dan sekaligus dapat dipakai sebagai alat untuk presentasi, softwarenya : Microsoft office power point, StarOffice Impress,dll.

ü Untuk Rancangan bangunan digunakan membantu pekerjaan Engineer merancang konstruksi gedung dan komponen teknik lain dan merancang gambar rangkaian elektronik.softwarenya : Autocad.

ü Aplikasi Internet berhubungan dengan internet.Softwarenya : Mozilla Fire Fox, Internet Explore,dll

ü Aplikasi Intertainment sebagai sarana hiburan. Softwarenya : Game, Winamp, Jet Audio, WMP,dll.

3) Bahasa Pemrograman

Software untuk membuat aplikasi sesuai dengan bahasa dan prosedur tertentu. Contoh : Cobol, C++, Pascal, Turbo Pascal, Java

4) Utilitas

Merupakan software yang digunakan untuk membantu kegiatan komputer, seperti memformat disket, mendefrag file, dll. Contoh softwarenya : Norton utilitas, Winzip, Nero, Antivirus,dll.

III. PENUTUP

A. Simpulan

Dalam menjalankan computer kita harus menggunakan prosedur-prosedur yang benar agar tidak terjadi kerusakan. Komputer sangat membantu kita dalam mengerjakan tugas, di computer sendiri telah disediakan program aplikasi sesuai fungsinya masing-masing untuk menunjang kebutuhan yang diperlukan dalam memroses data, seperti ada pengolah data, angka, gambar, presentasi, rancangan bangunan,dll. Semua itu untuk mempermudah kita dalam menjalankan tugas.

B. Penutup

Demikianlah makalah yang saya buat, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kepada para pembaca. Apabila terdapat kesalahan dan kekurangan saya minta maaf karena disini saya masih tahap belajar.Kritik dan saran sangat diperlukan guna perbaikan tugas saya selanjutnya.Terimakasih.

DAFTAR PUSTAKA

Suryono.2007.Teknologi Informasi dan Komunikasi.Semarang : Kurikulum Tingakat Satuan Pendidikan.

http://www.perpus-online.co.cc/makalah -sistem-komputer /

http://iwansantosa.files.wordpress.com/2009/04/presentasi-sistem-

komputer.ppt.

http://images.indratutriono.multiply.multiplycontent.com/attachment/0/RyE

zpQoKCrsAAHJyOB41/SISTEM%20KOMPUTER.ppt?nmid=6375798

Tidak ada komentar:

Posting Komentar